KONSEP
KOMUNIKASI DI DUNIA MAYA
NAMA ; SUCI RAMADANI
NIM ; 1304792
1. Konsep
Dasar Dalam Komunikasi Dunia Maya
Dunia maya
Pada
novel William Gibson (1984/1994), neoromancer,
istilah dunia maya muncul pertama kalinya untuk merujuk pada jaringan informasi
luas yang oleh para penggunanya disebut dengan console cowboys akan muncul, atau koneksi langsung dengan
sistem-sistem syaraf mereka. Lalu ada sebuah konsep dikembangkan oleh Gibson
yang menyatakan bahwa dunia maya adalah realita yang terhubung secara global,
didukung komputer, berakses komputer, multidimensi, artificial, atau virtual. Di mana dalam hal ini komputer adalah
sebuah jendela, terlihat atau terdengar objek-objek yang bukan bersifat fisik
dan bukan representasi objek-objek fisik, namun lebih merupakan gaya, karakter,
dan aksi pembuatan data, pembuatan informasi murni.[1]
Realitas
maya
Realitas
maya (virtual reality, VR)
merujuk pada pemakaian komputer untuk menstimulasikan sebuah pengalaman dengan cara yang
sama dengan realita. Pada jenis VR yang sering dipakai, seseorang memakai
sarung tangan, earphone, dan goggles yang disambungkan dengan
komputer. Rangsangan berubah sesuai dengan gerakan orang itu, misalnya
menggeleng-gelengkan kepala atau gerakan-gerakan lainnya. Salah satu bentuk VR
yang paling murni adalah stimulator penerbangan yang dipakai untuk melatih para
pilot.Komputer belum memiliki kekuatan untuk mengirimkan sebuah pengalaman VR
penuh. Tetapi, kita sudah bisa mencicipi VR dengan sejumlah games komputer yang
mengunakan grafik-grafik realities atau program-program yang memungkinkan kita
“bergerak” melintasi ruang tiga dimensi.[1]
Komunitas
maya
Pada
buku The Virtual Community,
karangan Howard Rheingold (1993) menyebutkan beberapa manfaat ajang gaul
elektronik, di dalamnya terdapat informasi tentang peran-peran yang dapat
dilakukan komunitas maya dalam masyarakat. Komunitas maya adalah
komunitas-komunitas yang lebih banyak muncul di dunia komunikasi elektronik dari pada dunia nyata. Orang-orang tinggal di
seluruh penjuru dunia yang memiliki ketertarikan sama dapat berkumpul untuk
membicarakan dalam dunia maya. Salah satu bentuknya yang sedang
digemari saat ini adalah twiter, facebook, path, instragram dan masih banyak
lainnya.[1]
Chat
Rooms, MUD, dan Bot
Fitur
internet tertentu memungkinkan kita melakukan kita melakukan interaksi baru
dengan berbagai cara baru yang menarik. chatroom
atau ruang obrol memungkinkan kita berkomunikasi langsung dengan orang lain
yang belum kita kenal. Sedangkan MUD atau multi user domain adalah salah satu permainan interaktif yang
canggih atau sebuah game (permainan) interaktif multiplayer yang memungkinkan kita
melakukan peran-peran fantasi dan mengeksplorasinya dengan orang lain. Beberapa
MUD dilengkapi oleh bot, program yang memiliki daya chatting canggih (chatterbot).
Terkadang para pemain kesulitan membedakan apakah mereka sedang berinteraksi
dengan orang lain ataukah dengan sebuah program komputer.[1]
Keinteraktifan
Keinteraktifan
adalah salah satu fitur media baru yang paling banyak dibicarakan, mendapat
tempat khusus di internet. Dua peneliti, Louise Ha dan Lincoln James, menyatakan
bahwa interaktivitas pada world wide
web memiliki dimensi penting (ha dan James, 1998): daya hibur seperti permainan dan kuis-kuis yang dapat diikuti partisipan, pilihan yaitu
memberikan alternetif kepada pengguan, daya sambung yang memberikan sebuah
situs yang lengkap yang melibatkan pengguna, koleksi informasi seperti kumpulan demografi, psikografis pengguna, dan komunikasi timbal balik atau dua
arah seperti surel.Lain hal yang telah diungkapkan oleh Dillon dan Leonard
(1998) yang menyatakan bahwa kemampuan pengguna untuk berkomunikasi secara
langsung dengan komputer dan memiliki dampak pada pesan apa pun yang dibuat. Pada saat yang
bersamaan William, Rice, Rogers (1998) mengartikan keinteraktifan sebagai tindakan
di mana pada proses komunikasi para partisipan memiliki kendali terhadap peran,
dan dapat bertukar peran, dalam dialog mutual mereka. Masing-masing pendekatan
tentang keinteraktifan ini penting sekali. Dan, ketika kita mulai berfikir
tentang internet, kedua jenis makna itu bisa sama-sama terjadi. Pengguna
dapat berinteraksi dengan sebuah komputer dengan mengunakan program-program
yang tersedia. Tetapi mereka berinteraksi dengan orang lain melalui ruang chatting atau saling mengirim surel.[1]
Hiperteks
Fitur
yang istimewa dalam world wide web
adalah pemakaian hyperlink,
yaitu spot-spot pada halaman web yang dapat di-klik oleh pengguna
untuk berpindah ke 'spot lain, baik
dalam dokumen yang sama maupun dalam situs lain dalam internet.
Hyperlink sebenarnya adalah salah satu
bentuk khusus dari hypertext,
sebuah istilah yang diperkenalkan pada tahun 1965 oleh Ted Nelson (Nelson,
1987). Nelson mendefinisikan hypertext sebagai tulisan yang berurutan. Nelson menulis, “Tanpa dibatasi oleh
urutan, dalam hypertext kita
dapat menciptakan bentuk-bentuk tulisan baru yang merefleksikan dengan lebih
baik struktur sesuatu yang sedang kita tulis, dan pembaca, setelah memilih
jalur, dapat mengikuti ketertarikan mereka atau arus pikiran mereka dengan
sebuah cara yang hingga saat ini dianggap mustahil”. Satu variabel menarik
dalam pemakaian hypertext adalah
berkenaan dengan jumlah control yang
diberikan pada pengguna. Seorang perancang halaman web dapat mendesain sebuah
halaman sehingga pengguna hanya dapat melewati beberapa jalur yang telah
ditentukan sebelumnya, atau seorang perancang dapat menciptakan sebuah situs yang memberikan kebebasan yang
luas kepada pengguna untuk bereksplorasi sesuai keinginannya. (Gay, 1991, 169)
Salah satu kesulitan dalam
hypertext adalah yang disebut
navigation problem, permasalahan
navigasi, kemungkinan tersesat dan tidak tahu ke mana selanjutnya harus pergi.
Konsep yang terkait adalah fear of disorientation, takut tersesat dalam hyperspace.[1]
Multimedia
Multimedia
adalah sebuah sistem komunikasi yang menawarkan perpaduan text, grafik, suara, video, dan
animasi. Akhir-akhir ini, world wide web telah menyajikan streaming multimedia, atau audio dan
video yang tersedia dalam website. Multimedia bekerja dengan baik saat dipadu dengan hyperlink atau hypertext, pengguna dapat
meng-klik-nya untuk mengeluarkan sampel suara atau video
2. Fungsi Virtual Reality (VR)
Manfaat Komunikasi
Virtual
Sesuai dengan
karakteristik dari dunia virtual sendiri,ada sejumlah manfaat atau keuntungan
berkomunikasi yang dilakukan secara virtual,diantaranya yaitu:
a. Cepat,komunikasi atau
pertukaran informasi bisa dilakukan engan cepat.Meskipun komunikasi dlakukan
dalam kondisi jarak yang jauh,tidak perlu menunggu waktu yang lama.
b. Mudah,apabila sudah
menguasai teknis operasional komputer dan fasilitas pendukung yang
dibutuhkan,proses komunikasi bisa dilakukan dengan mudah
c. .Komunikasi virtual
bisa dilakukan secara real time juga un real time.Secara real time maksudnya
komunikasi dilakukan secara langsung,komunikator dan komunikan berinteraksi
pada waktu yang sama,tanpa penundaan waktu untuk memberi respons atas pesan
yang diterima(synchronus system).Sedangkan un real time yaitu kebalikan dari
yang real time,ada penundaan waktu respons atas pesan-pesan yang
disampaikannoleh para pihak yang berkomunikasi(ansychronus system
d. .Bisa individual atau
grup.Komunikasi virtual bisa dilakukan baik secara one to one,(satu orang
dengan satu orang),maupun secara kelompok (group).
e. Jumlah dan jenis pesan
bisa besar dan beragam.Keuntungan atau kelebihan lainnya dari komunikasi
virtual ini adalah jumlah pesan atau informasi yang disampaikan bisa banyak dan
dalam berbagai bentuk pesan:teks,suara,dan gambar.Atau bahkan gabungan dari
ketiga jenis pesan tersebut.
3.
Jenis-jenis Komunikasi
Ada empat jenis komunikasi di dunia maya yang bisa
dilakukan,yaitu komunikasi menggunakan atau memanfaatkan fasilitas E-mail,Milis,Chatting,dan
Facebook.
a.
E-mail
E-mail merupakan
kependekan dari electronic mail,dalam bahasa indonesia artinya surat
elektronik.Kata e-mai itu sendiri merujuk pada dua hal,pertama,e-mail merupakan
suatu jenis program aplikasi atau fasilitas berbasis internet yang dirancang
untuk mengirim dan menerima surat secara elektronik.Ada beberapa aplikasi
e-mail antara lain Yahoo Mail,Gmail,Hotmail AOL,Sina,126,163,Daum dan
sebagainya.Program ini digunakan untuk membaca,mengirim,dan menyimpan e-mail.
Kedua e-mail yaitu
surat elektronik.Surat elektronik adalh surat yang dibuat,dikirim dan diterima
tidak dalam bentuk fisik berupa kertas akan tetapi dalam bentuk data
elektroniks yang dibuat,dikirim dan atau diterima dalam bentukdata yang diolah
dan dikirim menggunakan program aplikasi e-mail dengan memanfaatkan peralatan
elektronik komputer dan jaringan internet.
b.
Milis
Milis atau mailing
list adalah layanan di dalam internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui
e-mail.Salah satu penyedia mailin g list(server) yang paling terkenal adalah
Yahoo.Untuk bisa melakukan diskusi di mailing list,kita harus terdaftar
terlebih dahulu di penyedia mailing list,misalnya di Yahoo Groups.Apabila sudah
banyak pendaftar atau banyak yang ikut bergabung dengan kelompok baru
kita,disini kita harus bisa mengelola keberadaan para milis.Di antaranya
pengelolaan status anggota misalnya sebagai anggota(member),moderator atau
sebagai owner.Termasuk menghapus dari keanggotaan milis.
c.
Chatting
Chatting merupakan
kata benda dari kata kerja chat (inggris) artinya ngobol.Chatting dalam dunia
internet artinya program yang tersedia yang digunakan untuk ngobrol atau
berinteraksi via internet.Ada beberapa jenis komunikasi yang bisa dilakukan
dengan program ini,yaitu komunikasi lewat tulisan,komunikasi dengan
suara,komunikasi dengan gambar,bisa mengirim file,juga bisa mengirim pesan
singkat(sms).Chatting bisa dilakukan berdua saja atau rame-rame dengan banyak
orang.Untuk ngobrol dengan banyak orang bisa menggunakan fasilitas chatt room.
Chatting bisa dilakukan karena adanya perangkat lunak atau software.Terdapat sejumlah perangkat lunak yang dewasa ini bisa digunakan di antaranya yaitu:Mirc,Msn messenger,Icq,GotoWorld,Yahoo messenger,dan yang lainnya.Perangkat yng paling banyak igunakan adalah Yahoo messenger,karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan menarik yaitu:chat lewat suara(voice chat),Chat sambil tatap muka lewat kamera(webcam),melakukan oanggilan dari kompputer ke komputer (PC to Pc all),melakukan panggilan dari komputer ke telepon (PC to phone call),melakukan panggilan dari telepon ke komputer(phone to PC call),ruang-ruang chat (chat rooms),mendengarkan radio online(launch cast radio),mengirim file(file transfer),bermain game dengan lawan chat (Yahoo! Games),ngobrol dengan beberapa orang sekaligus (conference) dan sebagainya.
Chatting bisa dilakukan karena adanya perangkat lunak atau software.Terdapat sejumlah perangkat lunak yang dewasa ini bisa digunakan di antaranya yaitu:Mirc,Msn messenger,Icq,GotoWorld,Yahoo messenger,dan yang lainnya.Perangkat yng paling banyak igunakan adalah Yahoo messenger,karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan menarik yaitu:chat lewat suara(voice chat),Chat sambil tatap muka lewat kamera(webcam),melakukan oanggilan dari kompputer ke komputer (PC to Pc all),melakukan panggilan dari komputer ke telepon (PC to phone call),melakukan panggilan dari telepon ke komputer(phone to PC call),ruang-ruang chat (chat rooms),mendengarkan radio online(launch cast radio),mengirim file(file transfer),bermain game dengan lawan chat (Yahoo! Games),ngobrol dengan beberapa orang sekaligus (conference) dan sebagainya.
d.
.Facebook
Facebook
merupakan salah stu program aplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis
internet,disamping program lainnya.Pencetus dan pengembang program aplikasi ini
adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Universitas Hanvard.Tjuan awal dari
dikembangkannya facebook ini yaitu sebagai media untuk saling mengenal antar
mahasiswa Harvard,saling mengenal jati diri sekampusnya dengan tanmpa harus
bertatap muka langsung.
Merujuk pada penjelasan team Cyber (2009) dalam 30 menit Membongkar Rahasia Facebook ,terdapat sejumlah kelebihan yang dimiliki facebook dibanding dengan program jejaring sosial lainnya,yaitu:
Merujuk pada penjelasan team Cyber (2009) dalam 30 menit Membongkar Rahasia Facebook ,terdapat sejumlah kelebihan yang dimiliki facebook dibanding dengan program jejaring sosial lainnya,yaitu:
4.
Model Penggunaan TIK dalam Pendidikan
Pendidikan
mempunyai dimensi yang luas,dalam tulisan ini pendidikan merujuk pada dimensi
program dan strategi pembelajaran dalam rangka mengembangkan kemampuan
pembelajar (siswa).
Terdapat beragam pandangan mengenai model pemanfaatan ICT (internet) dalam pendidikan,diantaranya yaitu sebagai berikut:
Abdulhak (2005) mengklasifiksikan pemanfaatan ICT kedalam 3 jenis,yaitu:pertama,ICT sebagai media (alat bantu) pendidikan;kedua,ICT sebagai sumber;ketiga,ICT sebagai sistem pembelajaran.
Terdapat beragam pandangan mengenai model pemanfaatan ICT (internet) dalam pendidikan,diantaranya yaitu sebagai berikut:
Abdulhak (2005) mengklasifiksikan pemanfaatan ICT kedalam 3 jenis,yaitu:pertama,ICT sebagai media (alat bantu) pendidikan;kedua,ICT sebagai sumber;ketiga,ICT sebagai sistem pembelajaran.
DAFTAR
RUJUKAN
Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi ( pengembangan profesionalitas guru): TIK
sebagai Sarana Komunikasi Guru dan Siswa:Dr. Rusman, M.Pd , Dr. Deni Kurniawan,
M.Pd , Cepi Riyana, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar