TUGAS TIK PLS
OLEH
SUCI RAMADANI
1304792
1.
Perkembangan komputer
Awal mula kata
komputer dipergunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan
melakukan perhitungan aritmatika. Namun, sekarang ini komputer diartikan kepada
sebuah perangkat mesin tersebut.
Dalam pengertian
yang paling mendasar, komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam
melakukan berbagai macam perhitungan. Dalam hal ini, komputer pertama yaitu
sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi artimatika dasar.
a)
Komputer Generasi
Pertama (1940 – 1950)
Komputer
Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum
yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan
capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer
elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical
Integrator And Computer). Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode
biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang
masalah komputasi. Diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang
sudah mendukung input dan output dari IBM card.
Komputer elektronik pertama yang
digunakan untuk non-umum yaitu ABC (Atanasoff-Berry Computer), ten British
Colossus computers, german Z3, LEO, UNIVAC, dan Harvard Mark I.
b)
Komputer Generasi Kedua
(1955 – 1960)
Komputer
Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya
transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer.
Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan
komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar dengan komputer
sekarang ini.
Komputer dengan transistor pertama
ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer
dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga
menciptakan drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada tahun 1956, yang
dikenal dengan IBM 350 RAMAC.
c)
Komputer Generasi
Ketiga (1960)
Penemuan Integrated
Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk
komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini.
Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan
transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam
tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan.
Pertama munculnya minicomputer yang
didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM System/360.
Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada generasi-generasi
sebelumnya.
Komputer Generasi Ketiga dikenal
sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara
mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.
d)
Komputer Generasi
Keempat (1971)
Microchips
berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa
microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin
besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua
komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang
disebut microprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004.
Munculnya microprocessor melahirkan
evolusi dari microcomputer, bentuk yang akhirnya akan menjadi komputer
pribadi yang kita kenal sekarang ini.
2. cara seahat menggunakan
computer
1. Posisi Duduk
Saat anda menggunakan komputer dan sejenisnya, usahakan posisi anda
duduk ( lebih baik di kursi). Posisi anda harus membentuk 90 derajad. Ini
sangat penting untuk menjaga agar tulang anda, terutama tulang punggung anda
tidak membengkok. Posisi membengkok ke satu arah tertentu ataupun posisi
membungkuk dalam waktu yang lama dan sering akan membuat tulang anda
sulit untuk lurus kembali seperti semula.
2. Istirahat
Saat anda menggunakan komputer, usahakan untuk tidak hanya berfokus
pada monitor. Anda bisa melihat pada layar keyboard juga. Usahakan keduanya
seimbang. Selain itu, maksimal 1 jam sekali alihkan pandangan anda dari komputer.
Cobalah untuk melihat ke bagian lain misalnya ke luar jendela untuk
mengistirahatkan mata anda sejenak.
3. Atur Jarak
Jangan terlalu dekat atau terlalu jauh dari komputer. Mata anda
dengan monitor setidaknya 30 cm dan harus sejajar. Jarak ini sangat penting
untuk menjaga agar sinar yang dipancarkan oleh monitor tidak terlalu dekat
dengan mata anda.
4. Pilih Mouse
Jika anda memerlukan waktu yang lama dalam menggunakan komputer,
maka gunakan mouse yang berukuran besar. Jangan menggunakan yang kecil atau bahkan
hanya touch pad. Itu akan membuat jari-jari anda sakit bahkan kram jika terlalu
lama. Jika mouse besar maka akan lebih nyaman dan aman jika digunakan dalam
waktu yang lama.
5. Atur Tingkat kecerahan
Gunakanlah tingkat kecerahan yang tidak terlalu silau atau gelap
bagi mata anda. Jika anda mengatur kecerahan terlalu tinggi maka mata anda akan
lebih cepat lelah dan cahaya yang dipancarkan akan lebih berisiko untuk membuat
mata anda sakit.
Demikian beberapa cara sehat dalam menggunakan komputer. Semoga
bermanfaat bagi anda.
3.
Fungsi Perangkat Keras
(Hardware) Komputer :
1.
Monitor
Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.
Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.
2. CPU (Central Processing Unit)
CPU berfungsi sbagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer & sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
3. Printer
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.
4. Scanner
Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.
5. Mouse
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.
6. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.
7. Speaker
Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran
8. Modem
Modem berfungsi alat komunikasi dua arah & saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
9. Stabilizer
Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.
10. Harddisk
Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer & penyimpanan Operation System (OS) serta sbagai alat booting komputer.
11. RAM / Modul Memori
Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.
12. Power Supply
Power Supply berfungsi sbagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.
13. Kabel Data
Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.
14. Kabel VGA
Fungsi kabel VGA untuk menampilkan out put / hasil pengolahan data komputer & selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.
15. Fan / Kipas
Fungsi fan adalah sbagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk
16. LAN Card
Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN
17. Motherboard
Fungsi Motherboard / Mobo sbagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.
18. Processor
Fungsi processor untuk merespon & mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.
19. Headsets
Fungsi headsets untuk mendengarkan suara & berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.
20. Microphone
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara & mengubahnya menjadi arus listrik.
21. CD-Room
Fungsi Cd-Room sbagai tempat untuk proses burning, copy CD & install software menggunakan CD/DVD.
22. CD / DVD
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data
23. Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data
24. Webcam
Fungsi Webcam sbagai alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.
25. Joystick
Fungsi joystick sbagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.
26. Video Adaptor atau GPU
Fungsi Video Adaptor sbagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor & juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi & kualitas warna yang terbaik & juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.
27. Sound Card
Fungsi Sound Card sbagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.
28. UPS
Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan
Berikut gambar perangkat computer:
GAMBAR PERANGKAT JARINGAN LAN
DAFTAR RUJUKAN
x-a&hs=aZ3&rls=org.mozilla:en-US:official&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=MQH5VL7nDNWRuATkuYCgBA&ved=0CB0QsAQ
mysearch.sweetpacks.com/?barid=1605756559154226164&src=97&i=48&did=10844&crg=&p
pd=search,48032618641,photoscape,e,,c,PhotoScape,,,www.fileparade.com&st=23
Tidak ada komentar:
Posting Komentar