Kamis, 19 Maret 2015

tugas strategi



Tugas kelompok1
1.      Suci Ramadani
2.      Fahriati
3.      Dokin syaf putra
4.      Aulia rahmayanti

Model Pengolahan Informasi
Model pemrosesan informasi ditekankan pada pengambilan, penguasaan, dan pemrosesan informasi. Model ini lebih memfokuskan pada fungsi kognitif peserta didik. Model ini didasari oleh teori belajar kognitif (Piaget) dan berorientasi pada kemampuan peserta didik memproses informasi yang dapat memperbaiki kemampuannya.
 Pemrosesan Informasi merujuk pada cara mengumpulkan/menerima stimuli dari lingkungan, mengorganisasi data, memecahkan masalah, menemukan konsep, dan menggunakan simbol verbal dan visual.
1.      Tempat
model pembelajaran pemprosesan informasi bisa di gunakan pada tempat pembelajaran di dalam dan di luar ruangan, dimana tempat lingkungan sekitar banyak memberikan informasi.

2.      Waktu

Waktu pembelajaran yang menggunakan model pemberolehan informasi adalah pada siang hari karena alam sekitar baik fisik maupun nonfisik lebih gampang di amati dan memperoleh informasi darinya pada siang hari.

3.      Metode
Dalam model strategi pembelajaran pengelolaan informasi bisa di lakukan dengan Metode Eksperimental. Metode pembelajaran eksperimental adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.


Teori pemrosesan informasi/kognitif dipelopori oleh Robert Gagne (1985). Asumsinya adalah pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan. Perkembangan merupakan hasil komulatif dari pembelajaran. Dalam pembelajaran terjadi proses penerimaan informasi yang kemudian diolah sehingga menghasilkan output dalam bentuk hasil belajar.

pemrosesan informasi terjadi interaksi antara kondisi internal (keadaan individu, proses kognitif) dan kondisi-kondisi eksternal (rangsangan dari lingkungan). Interaksi antar keduanya akan menghasilkan hasil belajar. Pembelajaran merupakan keluaran dari pemrosesan informasi yang berupa kecakapan manusia (human capitalities) yang terdiri dari:
1.      informasi verbal
2.      kecakapan intelektual
3.      strategi kognitif
4.      sikap, dan
5.       kecakapan motorik.

4.      Tenaga
Tenaga pendidik dalam strategi pembelajaran pengelolaan informasi bisa dilakukan oleh guru,tutor,pembimbing.

Kemudian perlu diketahui bahwa dalam pembelajaran pemrosesan informasi  itu terdapat sembilan langkah yang harus diperhatikan oleh guru di dalam kelas, yaitu:
a.       Melakukan tindakan untuk menarik perhatian peserta didik
b.      Memberikan informasi mengenai tujuan pembelajaran dan topik yang akan dibahas
c.       Merangsang peserta didik untuk memulai aktivitas pembelajaran
d.      Menyampaikan isi pembelajaran sesuai dengan topik yang telah dirancang
e.       Memberikan bimbingan bagi aktivitas peserta didik dalam pembelajaran
f.       Memberikan penguatan pada perilaku pembelajaran
g.      Memberikan feedback terhadap perilaku yang ditunjukkan peserta didik
h.      Melaksanakan penilaian proses dan hasil
i.       Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan menjawab berdasarkan pengalamannya

5.      Alat bantu
Media Visual Adalah media yang mengandalkan indra penglihatan. Media ini menampilkan gambar diam seperti film, rangkai foto, gambar atau lukisan, cetakan dan juga yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, film kartun.

Daftar rujukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar