Tugas kelompok1
1.
Suci Ramadani
2.
Fahriati
3.
Dokin syaf putra
4.
Aulia rahmayanti
Model
Pengolahan Informasi
Model pemrosesan informasi ditekankan pada pengambilan,
penguasaan, dan pemrosesan informasi. Model ini lebih memfokuskan pada fungsi
kognitif peserta didik. Model ini didasari oleh teori belajar kognitif (Piaget)
dan berorientasi pada kemampuan peserta didik memproses informasi yang dapat
memperbaiki kemampuannya.
Pemrosesan Informasi
merujuk pada cara mengumpulkan/menerima stimuli dari lingkungan, mengorganisasi
data, memecahkan masalah, menemukan konsep, dan menggunakan simbol verbal dan
visual.
1.
Tempat
model pembelajaran pemprosesan informasi bisa di gunakan
pada tempat pembelajaran di dalam dan di luar ruangan, dimana tempat lingkungan
sekitar banyak memberikan informasi.
2. Waktu
Waktu pembelajaran yang menggunakan model pemberolehan
informasi adalah pada siang hari karena alam sekitar baik fisik maupun nonfisik
lebih gampang di amati dan memperoleh informasi darinya pada siang hari.
3. Metode
Dalam model strategi
pembelajaran pengelolaan informasi bisa di lakukan dengan Metode Eksperimental.
Metode pembelajaran eksperimental adalah
suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan
dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode
ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri
dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan
dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.
Teori pemrosesan informasi/kognitif dipelopori oleh Robert
Gagne (1985). Asumsinya adalah pembelajaran merupakan faktor yang sangat
penting dalam perkembangan. Perkembangan merupakan hasil komulatif dari
pembelajaran. Dalam pembelajaran terjadi proses penerimaan informasi yang
kemudian diolah sehingga menghasilkan output dalam bentuk hasil belajar.
pemrosesan informasi terjadi interaksi antara kondisi
internal (keadaan individu, proses kognitif) dan kondisi-kondisi eksternal
(rangsangan dari lingkungan). Interaksi antar keduanya akan menghasilkan hasil
belajar. Pembelajaran merupakan keluaran dari pemrosesan informasi yang berupa
kecakapan manusia (human capitalities) yang terdiri dari:
1. informasi verbal
2. kecakapan intelektual
3. strategi kognitif
4. sikap, dan
5. kecakapan motorik.
4. Tenaga
Tenaga pendidik dalam strategi
pembelajaran pengelolaan informasi bisa dilakukan oleh guru,tutor,pembimbing.
Kemudian perlu diketahui bahwa dalam
pembelajaran pemrosesan informasi itu
terdapat sembilan langkah yang harus diperhatikan oleh guru di dalam kelas,
yaitu:
a.
Melakukan tindakan untuk menarik perhatian peserta didik
b.
Memberikan informasi mengenai tujuan pembelajaran dan topik yang akan dibahas
c.
Merangsang peserta didik untuk memulai aktivitas pembelajaran
d.
Menyampaikan isi pembelajaran sesuai dengan topik yang telah dirancang
e.
Memberikan bimbingan bagi aktivitas peserta didik dalam pembelajaran
f.
Memberikan penguatan pada perilaku pembelajaran
g.
Memberikan feedback terhadap perilaku yang ditunjukkan peserta didik
h.
Melaksanakan penilaian proses dan hasil
i. Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan menjawab berdasarkan
pengalamannya
5. Alat bantu
Media
Visual Adalah media yang mengandalkan indra penglihatan. Media ini menampilkan
gambar diam seperti film, rangkai foto, gambar atau lukisan, cetakan dan juga
yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, film
kartun.
Daftar rujukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar